Kamis, 24 Juni 2010

TIPS BERTAHAN DI PONDOK

Ba9i 5antri y4n9 B4rU dAn b3rProBl3ma 3n994k kr4san di p3s4nTr3n itU sud4h j4di hal y4n9 bia5a. M3n9an4li5a p3rm4sal4han tad1 b3r5ama – s4ma kit4 c4ri sOlusi s4mbiL men9am4lkan tips – Tips dib4Wah iNi :
a. Niat karena Allah.
Berkaca pada Hadist yang berarti “segala sesuatu tergantung pada niat nya” Maka tips yang satu ini gak boleh ketinggalan untuk mencapai sesuatu keberhasilan. Menjalin persahabatan harus juga didasari karena Allah agar persahabatan yang seperti itu dapat langgeng karena tidak hanya berdiri diatas kepentingan duniawi sesaat.
b. Ramah.
“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari pada shodaqoh yang di ungkit-ungkit…”Dasar ayat diatas memberikan gambaran bahwa pentingnya akhlaq yang baik yaitu ramah sebagai modal mengakrabkan diri dengan lingkungan. Sebuah sambutan yang ramah pada saat perjumpaan pertama akan selalu menjadi kenangan yang terindah.
c. Rendah diri.
Santri baru harus bisa menempatkan sifat mindernya, jangan sampai sifat itu menghalanginya untuk bergaul mengenal dunia baru. Karena bila kita terlalu membatasi diri hanya sebab terlalu minder dapat dipastikan kita akan jenuh dan ujung – ujungnya gak betah dan akhirnya boyong dech.
d.Nyenengin,
Memang nyenengin orang itu susah, apalagi kalau kita dianggap garing. Tapi prasangka itu bisa dimusnahkan asalkan kita bisa membaurkan diri ikut menghangatkan suasana yang ramah, harmonis, tidak kaku dan santai.
e. Berfikir ke depan.
Fikirkan dulu kalau ngelakuin sesuatu, harus menyelipkan pemikiran positif sehingga bisa mengendapkan pemikiran negative. So,gak bakal salah pilih jalan.
HemMmM,,,tIpS iNi c0Ba dech dI tEraPin, Ba9i 5antri yan9 m3nD3riTa p3nyakit kaTaraP(kA9ax TaHan di RuMah P35anTr3n)aliyA5 9aX KRaSaN,,,TapI LaW LuM 8erHaSil ju9a wAhHh,,,8aHaYa!!!LuM FuLL n0rMaL s0, HaRaP di Kon5uLtaSikAn,,,!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar